Tekno

Kabar baik, Inilah Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Pemerintah

Kabar baik, Inilah Cara Mendapatkan Pulsa Gratis dari Pemerintah

Viewtemplebar.com - Cara mendapatkan pulsa gratis dari pemerintah menjadi topik yang lagi hangat belakangan ini. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah mengeluarkan peraturan yang mencakup tunjangan kredit Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian dan Lembaga (K/L) untuk seluruh pelajar dan masyarakat.

Keputusan tersebut diumumkan dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) 394/KMK.02/2020 tentang biaya paket data dan komunikasi untuk tahun anggaran 2020 hingga 2021. Bahkan saat ini anda juga bisa menemukan aplikasi penghasil uang tanpa modal.

Pejabat setingkat Eselon I dan II/sederajat mendapatkan Rp 400.000 per orang per bulan. Sedangkan Eselon III/setara kurang dari Rp 200.000 per orang per bulan.

Kini, bagi siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar online dan yang mengikuti kegiatan santai online dapat diberikan biaya paket data sesuai kebutuhan paling tinggi Rp. 150.000,00 orang/bulan.

Tunjangan kredit kepada masyarakat berasal dari perbaikan dan realokasi penggunaan anggaran. Kepala Kantor Pelayanan Komunikasi dan Informatika (KLI) Kementerian Keuangan Rahayu Buspasari menjelaskan, penyaluran kredit ini tidak berlaku untuk seluruh masyarakat dan pelajar.

Yang berhak adalah semua kegiatan yang bersinggungan dengan program pembelajaran online. “Yang menerima bantuan (pulsa) memiliki hubungan dengan masyarakat dan mahasiswa. Untuk membantu mahasiswa, yang dimaksud di sini adalah membantu perguruan tinggi yang statusnya di bawah pengawasan instansi pemerintah, khususnya perguruan tinggi negeri,” kata Buspa.

“Untuk mahasiswa, masyarakat, sifatnya episodik sesuai kebutuhan kegiatannya. Variabelnya banyak,” jelasnya. Besaran bantuan kredit untuk setiap penerima yang akan menerima biaya kredit juga akan bervariasi sesuai dengan kebutuhan usaha, hingga maksimum yang ditentukan sebesar Rp. 150 ribu per bulan.

“Di KMK maksimalnya Rp 150.000, artinya tidak semuanya menerima sebanyak itu,” jelas Rahayu. Proses pencairannya diprakarsai oleh unit usaha (SATAKER) di setiap kecamatan yang mengajukan calon penerima kepada Kuasa Pengguna Anggaran (KPA).

Setelah Sataker mengajukan ke KPA, KPA menentukan siapa yang berhak mendapatkan bantuan kredit dari daftar nama yang telah diajukan. Proses pencairan diserahkan langsung oleh bendahara masing-masing direktorat atau instansi.

Join Our Newsletter

Dapatkan update terbaru